Panganpedia – Perlu bersyukur rasanya dapat makan dan minum dengan enak, tanpa harus khawatir soal makanan esok hari. Tapi, apakah Anda tahu bahwa banyak saudara kita di luar sana yang kesulitan mendapatkan akses air bersih, terlebih akses air minum. Padahal, air adalah zat yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Berikut fakta soal ketersediaan akses air minum dunia, dilansir oleh WHO (World Health Organization, red.).

  1. Pada 2015, 91% populasi dunia sudah mempunyai akses terhadap sumber air minum yang lebih baik, dibandingkan dengan tahun 1990 yang hanya 76%.
  2. Sebanyak 2,6 miliar orang mempunyai akses ke sumber air minum yang baik sejak 1990.
  3. Sebanyak 4,2 miliar orang saat ini sudah mendapat air lewat jaringan pipa; 2,4 milyar lainnya mengakses air melewati sumber lainnya misalnya keran umum, sumur, dan sumur bor.
  4. Sebanyak 663 juta orang bergantung pada sumber air yang tidak diolah, termasuk 159 juta orang yang bergantung pada air permukaan.
  5. Secara global, seridaknya 1,8 milyar orang menggunakan sumber air minum yang terkontaminasi dengan kotoran manusia.
  6. Air yang terkontaminasi dapat menyebabkan penyakit seperti diare, kolera, disentri, polio, dan tifoid. Air minum yang terkontaminasi menyebabkan kematian akibat diare sebanyak 502.000 orang setiap tahunnya.
  7. Pada tahun 2025, setengah populasi dunia akan hidup di area yang susah air.
  8. Pada negara dengan pendapatan sedang dan rendah, 38% fasilitas kesehatan kekurangan sumber air, 19% tidak mempunyai sanitasi yang baik, serta 35% kekurangan air dan sabun pencuci tangan.

Nah, sudahkah Anda bersyukur pagi ini?

Baca juga  Ini dia Jenis-jenis Sushi Paling Digemari

Leave a Reply