Home Authors Posts by Hesti Ayuningtyas

Hesti Ayuningtyas

Hesti Ayuningtyas
54 POSTS 5 COMMENTS
Alumni S2 jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan di salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Menempuh gelar sarjana di universitas negeri di Solo.
Nasi-kerabu-malaysia

Darimana Asal Warna Biru Nasi Kerabu Malaysia?

Panganpedia - Sudah pernah melihat nasi berwarna biru? Jika belum, Anda dapat menemukannya jika berjalan-jalan di daerah Kelantan, Malaysia bagian utara. Nasi kerabu adalah salah...
akses-air-minum-dunia

[Infografis] Akses Air Minum Dunia Menurut WHO

Panganpedia - Perlu bersyukur rasanya dapat makan dan minum dengan enak, tanpa harus khawatir soal makanan esok hari. Tapi, apakah Anda tahu bahwa banyak...
clostridium-botulinum-adalah

Fakta-Fakta Soal Clostridium botulinum yang Perlu Anda Tahu

Panganpedia - Pernah dengar soal Clostridium botulinum? Bagi orang yang tidak berkecimpung dalam dunia pangan, nama ini terdengar sangat asing. Tapi, jangan remehkan kesaktian...
bayi-tidak-boleh-diberi-air-putih

Kata WHO Soal Bayi yang Diberi Air Putih

Panganpedia - Cuaca yang panas kadang menyebabkan bayi kehausan dan sering menangis, sementara Bunda merasa payudara sudah kosong. Jika sudah begini, bolehkah memberi minum...
pet-food-bisa-dimakan-manusia

Apakah Pet Food Bisa Dimakan Manusia?

Panganpedia - Fendy (bukan nama sebenarnya, red.) penasaran dengan pertanyaan ini. Awalnya, ia membeli sekotak makanan kucing pabrikan untuk kucing anggoranya. Gara-gara bentuknya yang...
pengganti-gluten

Gluten, Alergi Gluten, dan Pengganti Gluten

Panganpedia - Pernahkah Anda mendengar istilah "gluten"? Beberapa produk pangan membubuhkan embel-embel "No Gluten" sebagai solusi bagi masyarakat yang tidak bisa mengkonsumsinya. Eh ngomong-ngomong,...
ketahanan-pangan-adalah

Ketahanan Pangan, Apa Sih?

Panganpedia - "Nggak faham nih gue.." kata Dodit pada Redi, sahabatnya. "Kenapa emang?" tanya Redi. "Ini nih, loe tau nggak, belajar pangan tuh ngga...
mentega-fortifikasi-pangan

Lebih Dekat dengan Fortifikasi Pangan: Pengertian dan Tujuannya

Salah satu ciri konsumen yang cerdas dalam memilih pangan adalah mengamati label yang ada pada produk pangan. Beberapa produk pangan akan dilabeli kata "Fortifikasi...

Dua Fakta ASI Tersembunyi Ini Perlu Anda Ketahui

Panganpedia - Pentingnya air susu ibu (ASI) bagi bayi sudah sering digaungkan oleh berbagai kalangan. Meski terlihat sederhana, "makanan ajaib" ini punya fungsi yang...