Tips dan trik memilih makanan manis dari Jepang dengan aman (2)

1
67

Berbicara tentang trik memilih makanan produk Jepang yang aman dikonsumsi bagi anda pemeluk agama islam, masih ingatkah anda hal apa saja yang perlu diperhatikan dan diwaspadai saat membeli atau sebelum mengkonsumsi makanan yang diproduksi oleh negara Jepang? Anda bisa mengecek artikel Tips dan trik memilih makanan produk Jepang dengan aman (1) untuk membangunkan kembali memori tentang kanji dan komposisi yang dikategorikan “tidak aman” konsumsi.

Siapa yang tidak tergoda pada deretan yoghurt rasa buah-buahan, es krim dengan topping dan rasa yang bikin penasaran, dan juga cokelat yang dibalut kemasan menawan? Bagaimana bila anda menemui produk-produk tersebut dari Jepang?

Yuk kita bahas lebih lanjut di artikel ini.

Yoghurt

kemasan yoghurt

Sebagai salah satu produk olahan dari susu, kandungan gizi yoghurt tentu sangat menyehatkan untuk tubuh kita, apalagi bila ditambah dengan potongan buah asli di dalamnya. Apakah timbul dalam benak anda, “Mengapa komposisi yoghurt perlu diwaspadai?kan cuma olahan susu plus bakteri.” Perlu anda ketahui, produk olahan susu satu ini sangat mudah ditemui di convenience store dan supermarket, dengan brand dan rasa bermacam-macam. Akan tetapi ketika penulis mencermati beberapa produk yoghurt, ada beberapa produsen yang menyertakan ゼラチン atau gelatin dalam proses produksinya. Contoh berikut ini merupakan salah satu produk yang bisa dikonsumsi tanpa perlu khawatir dan was-was. Mengapa ? karena dari segi komposisi tidak ditemukan ゼラチン dan juga 乳化剤. Kemudian dari informasi allergen (bagian bawah kanan berwarna kuning アレルギー物質) hanya tercantum 乳(nyuu) atau susu.

Es Krim

Anda pecinta es krim? Saya juga! apalagi di saat memasuki musim panas yakni bulan Juni hingga awal September, banyak dijual produk es krim dengan berbagai macam rasa dan aroma yang pasti akan sangat menyejukkan tenggorokan bila diseruput, terutama di siang hari. Tapi, es krim seperti apakah yang bisa dikonsumsi? atau komposisi apa yang perlu dihindari? Tenang, bila anda sudah sedikit atau banyak mengingat kanji yang disebutkan di artikel sebelumnya, akan sangat membantu anda untuk mengecek aman atau tidaknya es krim yang anda inginkan. Yuk kita cek lewat contoh di bawah ini.

Baca juga  Pilih Mana, Tomat Mentah atau yang Sudah Diolah?

Seperti biasa, selalu cek jenis minyak yang digunakan apabila tercantum komposisi minyak, kemudian ada atau tidaknya ゼラチン(gelatin), ショートニング(shortening), dan juga emulsifier yang digunakan (乳化剤). Berdasarkan hasil mengecek komposisi, contoh es krim di atas aman ✔.

Cokelat

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang dikenal dengan puluhan jenis produk cokelat yang unik, mulai dari rasa yang khas, kemasan yang menarik hati, dan juga kualitasnya yang bisa dibilang patut bersaing di kancah internasional. Tapi, tahukah anda kalau tidak semua cokelat dari negara ini bisa beruntung untuk meleleh di mulut kita ?. Berikut penulis akan berbagi tips untuk memilih contoh cokelat yang bisa dikonsumsi atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh dilihat dari komposisinya.

Contoh pertama berikut, meskipun jenis minyak yang digunakan aman (植物油 atau minyak nabati), ada 3 jenis komposisi yang menyebabkan cokelat ini sebaiknya dihindari, yaitu 乳化剤 (emulsifier), 洋酒youshu : western wine), dan juga 酒精(syusei:alkohol).

Sedangkan contoh berikut, merupakan salah satu contoh produk yang bisa anda konsumsi dilihat dari komposisinya. Jenis minyak yang digunakan  ✔, emulsifier ✔, tidak tercantum 洋酒 dan juga 酒精.

Permen

Contoh Produk Permen

Permen? Iya. Meskipun permen merupakan salah satu makanan yang sangat jarang dilirik oleh wisatawan, ada baiknya bila anda mengetahui produk dengan komposisi seperti apa yang dikategorikan aman. Gelatin, shortening, emulsifier, dan juga derivat alkohol adalah bahan penyusun yang sering digunakan dalam produksi permen, jadi selalu cek ada atau tidaknya bahan-bahan tersebut ya! Contoh produk di bawah ini mengandung shortening, jadi lebih baik dihindari ya yang seperti gambar di atas.😊

 

Dried Seafood

Selama ini kita selalu menganggap bahwa semua jenis dried seafood pasti aman, tapi ternyata ada komposisi yang perlu diwaspadai. Apakah itu? Bisakah anda menemukan komposisi yang menyebabkan contoh dried squid di bawah ini tidak aman konsumsi?

Baca juga  Behind The Label: Lesitin Kedelai

Apakah anda menemukan jawabannya? Yap, benar! ゼラチン atau gelatin tercantum di komposisinya. Sedangkan untuk jenis lain dried squid di bawah ini aman ya, tentu anda sudah tau alasannya👌.

Selain produk-produk di atas, masih adakah produk lain yang membuat anda penasaran mengenai aman atau tidaknya dikonsumsi? Silakan request melalui kolom komentar ya ☃. Jangan lupa, silakan share jika trik memilih makanan manis dari jepang ini bermanfaat bagi anda.

1 COMMENT

  1. Wah artikel ini bikin laper… padahal lagi diet wkwkwk… y sudah sore k mangkok ramen (resto jepang deket rumah) alias batal diet dulu hari ini 🙂

Leave a Reply