minum kopi menyebabkan tulang keropos
minum kopi menyebabkan tulang keropos

Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari di kalangan masyarakat. Kopi juga merupakan pelengkap pada menu sarapan atau cemilan saat diminum saat sore dan malam hari. Bahkan beberapa orang bahkan merasa sakit kepala jika tidak minum kopi. Bahkan aroma dan rasa dari kopi mampu membangkitkan semangat bagi para peminumnya. Namun, benarkah mengkonsumsi kopi menyebabkan tulang keropos?

Baca juga  Ssst, Rahasia Coklat Ini Cukup Anda yang Tahu..

Penyebab langsung memang tidak ada. Faktor yang berpengaruh terhadap kepadatan tulang antara lain penyerapan kalsium dan vitamin D. Vitamin D pada makanan disebut ergosterol, sedangkan pada jaringan di bawah kulit terdapat 7 dehidrokolesterol.  Sinar matahari akan mengubah 7 dehidrokolesterol dan ergosterol menjadi vitamin D3. Vitamin D3 akan dibawa ke hati dan diubah menjadi 25(OH)D. Selanjutnya 25(OH)D dibawa oleh protein ke ginjal. Pada ginjal, dengan bantuan hormone PTH, 25(OH)D diubah menjadi 1,25(OH)2D3 yang berkerjasama dengan kalsium dan fosfat untuk dapat diserap oleh usus. Namun, dengan konsumsi kopi yang tinggi, penyerapan ini tidak berjalan maksimal. Kopi mengandung kafein yang merangsang produksi urin, sehingga kalsium dan 1,25(OH)2D3 yang seharusnya diserap oleh usus, hilang bersama urin.

Baca juga  Sekilas tentang Aktivitas Air (Aw)
Menurut penelitian Swedish Departement of Toxicology’s National Food Administration, konsumsi sebanyak 4 cangkir kopi per hari akan menurunkan massa tulang hingga 4%. Penelitian ini  dilakukan pada 1.527 wanita usia 4—76 tahun. Resiko patah tulang lebih tinggi terjadi pada wanita yang mengkonsumsi kopi namun konsumsi kalsium yang rendah. Resiko ini  pun lebih tinggi lagi jika terjadi pada wanita yang telah mengalam masa post-menopause.Usahakan untuk tidak minum kopi lebih dari 4 cangkir sehari, untuk mencegah penurunan kepadatan… Click To Tweet

Oleh karena itu usahakan untuk tidak mengkonsumsi kopi lebih dari 4 cangkir per hari dalam jangka waktu yang panjang karena akan menurunkan massa tulang sehingga kepadatan tulang pun menurun. Kopi menyebabkan tulang keropos, jika dikonsumsi dalam jumlah besar setiap hari. Akibatnya resiko terjadinya tulang keropos menjadi lebih besar. Jika masih ingin mengkonsumsi kopi, hendaknya diimbangi dengan konsumsi kalsium yang cukup yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, makan ikan, brokoli, pisang dan minum susu. Jenis makanan apa pun itu jika dikonsumsi berlebihan, tidak akan baik bagi tubuh.

Jadi, bijaklah dalam memilih makanan!

Leave a Reply