Bir Pletok: Sejarah, Khasiat, dan Pembuatannya

0
187
sejarah-bir-pletok

Panganpedia – Sudah pernah minum bir pletok? Bagi Anda yang belum pernah menemui minuman ini, jangan salah duga ya! Meski namanya bir, errr.. sebenarnya “bir” ini sama sekali nggak mengandung alkohol kok!

Apa Sih Bir Pletok Itu?

Bir pletok adalah minuman khas etnis Betawi. Minuman penyegar berwarna merah ini dibuat dari beberapa campuran rempah, yaitu jahe, daun pandan wangi, dan serai. Warna merah dari minuman ini berasal dari kayu secang.

Apa yang Ada dalam Sebotol Bir Pletok?

Sebotol atau segelas bir pletok mengandung sejumlah senyawa antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Senyawa antioksidan ini berasal dari secang (antosianin), jahe (gingerol, shogaol, dan zingerone), dan rempah-rempah lainnya yang memiliki sifat antioksidatif, antiinflamasi, anagesik, dan anti-karsinogenik. Minuman ini juga memiliki khasiat untuk memperlancar peredaran darah pada tubuh, sehingga masyarakat betawi biasa mengkonsumsinya pada malam hari untuk penghangat.

Sejarah Bir Pletok

Sejarah tentang asal nama bir pletok berawal dari zaman penjajahan Belanda. Saat itu, ada beberapa kalangan masyarakat lokal yang sudah membaur dengan bangsa Belanda. Saat ada perayaan atau pesta biasanya mereka diundang untuk minum bir bersama orang Belanda. Akan tetapi, mayoritas etnis betawi beragama islam sehingga minuman beralkohol sangat diharamkan.

Saat perayaan itulah, orang Betawi melihat wine dan ingin membuat minuman serupa. Tapi, karena dilarang oleh agama untuk minum-minuman beralkohol, orang Betawi pun akhirnya membuat minuman yang terbuat dari lada, jahe, dan kulit kayu secang, sebagai pewarna alami yang membuat minuman ini berwarna merah.

Sedangkan, orang Betawi mendengar letupan yang berbunyi ‘pletok’ pada saat orang Belanda membuka tutup botol wine. Inilah yang membuat mereka terinspirasi membuat nama minuman ini menjadi bir pletok. Sebelum disajikan, campuran minuman ini dikocok dalam tabung atau botol hingga berbuih halus. Saat dituang di gelas, tampilannya sangat mirip bir.

Baca juga  5 Manfaat Tahu Yang Perlu Kita Tahu

Cara Pembuatan Bir Pletok

Cara pembuatan bir pletok cukup mudah, lho! Bahan-bahan yang diperlukan adalah jahe, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, kapulaga, serai, kayu secang, daun pandan, pala, serta gula dan garam. Semua bahan dicampur dan direbus hingga mendidih. “Bir” kaya antioksidan ini lalu siap dihidangkan.

 

Gambar dari beergembira.com

Here is a collection of places you can buy bitcoin online right now.

Leave a Reply